12 MAKANAN KESEHATAN

Hai...blogger mania, kesehatan adalah hal yang sangat berharga di dunia ini. Untuk mempertahankan kesehatan, tidak jarang orang merelakan berjuta-juta uangnya untuk melakukan pemeriksaan ataupun perawatan kesehatan. Nah, untuk menyiasati hal itu, aku punya jurus jitu nih, agar kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan juga kita bisa menjaga kesehatan kita secara alami. Jurus jitu itu adalah "makanan sehat", kita tahu bahwa sumber penyakit yang utama adalah berasal dari makanan yang kita makan ( kata dayang jang geum di film jewel in the palace.. Hehehehe...=)) ) oleh karena itu disini saya akan membahas manfaat berbagai jenis makanan dan buah. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan buah yang bermanfaat untuk kondisi kesehatan tertentu :




1. BUBUR SUNSUM DAN SUSU

Bubur sunsum dikenal pula dengan bubur beras, mampu menetralkan asam lambung, sehingga bisa meredakan nyeri lambung . apabila tidak menderita intoleransi laktosa (), kita bisa memasak makanan kaya karbohidrat ini dengan susu. Sejak lama susu dikenal sebagai pereda nyeri lambung. Menurut Ara H. Dermaderosian Phd, profesor farmakologi di philadelphia collage of pharmacy and science, susu cukup membantu asalkan tidak diminum langsung dalam jumlah banyak.

2. JAHE

Beberapa peneliti membuktikan jahe cukup efektif melawan mual-mual, ujar Varo E. Tyler Phd, profesor farmakologi di purdue university. Karenanya, untuk mengatasi mabuk perjalanan kita bisa menggunakannya. Sayang, rasanya sangat pedas dan kurang praktis. Wanita hamil juga tidak dianjurkan mengkonsumsinya. Sebagai gantinya kita bisa mengunyah permen jahe.



3. YOGURT

Minuman berbahan dasar susu dan mengandung lactibacillus acidhopilus ini berguna untuk membangkitkan bakteri " baik" dalam lambung. Bakteri "baik" tersebut biasanya ikut mati ketika kita melakukan perawatan atau pengobatan dengan antibiotika. Padahal, mereka berguna untuk saluran pencernaan, misalnya menghancurkan sisa-sisa makanan sehingga mudah dikeluarkan. Secara ilmiah memang belum ditemukan mekanisme kerja yogurt di saluran pencernaan. Tetapi, berdasarkan pengalaman dokter amerika, yogurt bisa meningkatkan kondisi pasien.

4. KOPI

Bila mengalami migrain, kita bisa mengobatinya dengan meminim secangkir kopi. Menurut dr. Seymore Diamond, direktur diamond headache clinic di chicago, penyakit ini biasanya disebabkan pelebaran pembuluh darah. Sementara, kafein di dalam kopi akan mengerutkan pembuluh darah. Supaya manjur, tambahnya, dianjurkan minum kopi beserta obat analgesik ringan atau obat sakit kepala. Kalau tidak minum kopi, minuman berkafein atau teh kental bisa dijadikan pengganti.

5. AIR JERUK DAN PISANG

Minuman campuran air jeruk dan pisang ternyata ampuh sebagai obat diare. Air jeruk bisa menggantikan air. Vitamin, mineral, dan kalori yang hilang saat diare. Sementara, pisang menggantikan potasium yang "diperas" ketika diare. Pisang juga mengandung pektin, sejenis serat yang bisa menyerap air didalam saluran pencernaan. Pisang juga manjur untuk mengatasi perut keroncongan dimalam hari, yang membuat kita sulit tidur. Buah ini menyenangkan, mudah dicerna tapi tidak membuat gemuk.

6. AIR

Menurut dr. George L. Blacburn Phd, kepala laboratorium gizi/metabolisme di new england deaconess hospital, boston , air adalah salah satu obat stres paling manjur. Bila gugup ketika hendak tampil di depan umum, segelas penuh air bisa mengatasinya. Air juga bisa menghilangkan dehidrasi, mengatasi mulut kering, telapak tangan berkeringat atau berdebar.

7. SUSU

Minum susu merupakan cara yang paling tepat untuk mengatasi kepedasan karena cabai. Susu full cream lebih efektif dari pada susu tanpa lemak, karena lemak didalam susu full cream menyerap capsaicin , senyawa dalam cabai yang menyebabkan pedas. Sebaliknya minum air bukanlah cara menghilangkan pedas, karena capsaicin akan menyebar bersama dengan air.

8. MAKANAN PEDAS

Untuk mengatasi udara panas, kita bisa mengonsumsi makanan pedas. Menurut dr. Dermarderosian, makanan pedas membuat pembuluh darah melar. Tubuh pun keringatan. Berkeringat merupakan mekanisme tubuh untuk menurunkan suhu tubuh.

9. DELIMA

Di irak dan iran, jus delima dikumur dahulu sebelum diminum. Membantu membersihkan mulut dan juga gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Memekan dengan perlahan-lahan buah delima dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan tenggorokan. Manfaat lainnya, kandungan zat tanin dalam tubuh delima dapat membius cacing gelang , cacing kremi dan cacig pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakan oleh penduduk mesir.

10. TOMAT

Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian, ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Konsumsi tomat secara teratur membantu mengobati penyakit anoreksia ( kehilangan nafsu makan ).

11. SEMANGKA

Terlalu banyak mengkonsumsi daging, manisan, gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah kebanyaka mengandung asam dan mengakibatkan bintik merah dikulit. Jus semangka akan mengobati asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi jus semangka secara teratur akan membantu mengurangi meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh akan menyebabkan arkhritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi jus semangka 2 kali sehari.

12. KLENGKENG

Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, asam lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. Sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memekan buah ini secukupnya akan membantu meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut dini. Selai itu akan mempercepat penyembuhan luka luar. Kelebihan dalam mengkonsumsi kelengkeng akan meyebabkan tubuh menjadi panas karena kelebihan energi.

So, buat kalian, cobain deh resepku kali ini, tampa merogoh kocek tebal kalian, makanan dan minuman ini akan membantu menjaga kesehatan kalian. Oke...

SELAMAT MENCOBA, SEMOGA KALIAN SEHAT SELALU...=))

No comments:

Post a Comment

SEJARAH ASIAN GAMES

INFORMASI TERBARU - Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Jakarta dan Palembang adalah dua kota penyelenggara acara akba...