INFO SAINS : Titik - Titik Ekstrim di Dunia

hai blogger mania, pengen tau titik-titik ekstrim yang ada di bumi??? 
hari ini aku kasih tau ni 7 titik paling ekstrim dimuka bumi. yaitu :




  • Titik yang terletak paling utara di dunia adalah kutub utara di Samudra Arktik.
Kutub Utara adalah titik paling utara Bumi, dapat didefinisikan dalam empat cara berbeda. Namun hanya dua cara pertama yang umum digunakan. Namun begitu definisi yang paling luas adalah Kutub Utara terletak di Samudra Arktik.

  1. Kutub Utara Geografis, juga dikenal dengan Utara Sejati, adalah titik utara di mana poros rotasi Bumi bertemu permukaan.
  2. Kutub Utara Magnetik adalah titik utara di mana medan geomagnetik vertikal, yaitu dip adalah 90°.
  3. Kutub Utara Geomagnetik adalah kutub utara dari momen dipole medan geomagnetik Bumi.
  4. Kutub tidak terakses Utara adalah titik terjauh dari pesisir manapun, dan terletak di Kutub sejenis terletak di Samudra Pasifik dan India.


  • Titik yang terletak paling utara di daratan adalah pulau Kaffeklubben, sebelah timur Greenland (83°40').
pulau kaffeklubben adalah pulau sebelah timur greenland. greenland secara geografis merupakan bagian dari Amerika Utara. 80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia.
  • Titik yang terletak paling selatan di dunia dan juga merupakan titik paling selatan di daratan adalah kutub selatan di benua Antartika.
Kutub Selatan (geografis) ialah ujung selatan bumi (90° S), merupakan sumbu bumi. Penemu kutub asal Norwegia Roald Amundsen ialah orang pertama yang menemukan Kutub Selatan pada14 Desember 1911. Hari ini terdapat banyak stasiun penelitian di Kutub Selatan.
Kutub Selatan magnetis ialah ujung medan magnet yang lurus menembus pusat bumi. Karena adanya sumbu itulah bumi berputar. Pada 1985 diketahui Kutub Selatan magnetis ada di 65°S 140°T. Kutub selatan disebut juga artik, dan kutub selatan merupakan wilayah di dunia yang belum terjamah oleh manusia seutuhnya, karena kutub selatan tidak semuanya tersinari oleh matahari, makhluk hidup yang banyak tinggal di sini adalah pinguin.

  • Titik yang terletak paling barat di daratan menurut garis penanggalan internasional adalah pulau Attu di Alaska

  • Titik yang terletak paling timur di daratan menurut garis penanggalan internasional adalah pulau Caroline di Kiribati.

  • titik terdekat dengan matahari dan terpanas gurun sahara.

  • Titik pusat permukaan bumi adalah Ka`bah di MakkahArab Saudi.
Ka'bah (Arab: الكعبة) merupakan sebuah bangunan yang mendekati bentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Bangunan ini adalah monumen suci bagi umat Islam. Dan bangunan ini yang menjadi patokan arah kiblatuntuk ibadah salat, bagi umat Islam di seluruh dunia. karena ka'bah berada pada titik pusat permukaan bumi, maka banyak orang bilang bahwa, orang akan cenderung awet muda, karena tidak ada gaya magnetik yang mempengaruhi manusia. subhanaallah..

No comments:

Post a Comment

SEJARAH ASIAN GAMES

INFORMASI TERBARU - Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Jakarta dan Palembang adalah dua kota penyelenggara acara akba...