Travelling | Catatan kecil perjalanan ke jogjakarta

Travelling | Catatan kecil perjalanan ke jogjakarta- 4.30 pagi alarm kamarku telah berbunyi, aku pun segera bangun dan menuju ke kamar mandi untuk membersihkan diri dan mengambil air wudhu untuk menjalankan sholat subuh, gag biasanya aku bangun sepagi ini. biasanya seh jam 5 atau jam setengah 6 baru membuka mata untuk menikmati kicauan burung hehhe..

hari itu adalah tanggal 16 februari 2011, aku dan kawanku arindha reni berencana untuk liburan satu hari di kota jogjakarta. kami berencana melihat ritual SEKATEN yang di adakan setiap tahun untuk memperingati maulud nabi Muhammad SAW. acara itu sangat sakral, itulah sebabnya aku sangat antusias untuk pergi kesana.. maklumlah aku baru pertama kali liat sekaten.

05.45 aku sedah nyampek di stasiun Paron, awal liburanku dimulai, karena selain harganya murah.. naik kreta juga bisa menambah seasana jadi semakin asyik.. kita jadi bener-bener bisa merasakan liburan ala gembel.. wkwkkw. kereta yang kami naiki adalah kereta KRD madiun jaya.. dengan tujuan akhir Stasiun Tugu Jogjakarta, karena terlalu penuh kami terpaksa harus berdiri dan berpegangan tiang gantungan yang udah disiapkan, meskipun begitu kami gag keberatan..^^. dalam perjalanan, ternyata kami berjumpa dengan adik kelas SMA, karena kelamaan mengobrol cerita masa-masa SMA tanpa terasa, kereta sudah sampek di stasiun Solo Jebres, stasiun pertama kota solo dari arah madiun. ternyata adik kelas kami akan turun disana.. selesai sudah obrolan yang menyenangkan kami dengan adik kelas.

ternyata berdiri selama 1,5 jam cukup membuat kaki kami merasa gatal, pengen duduk. untung mbak di sampingku turun di stasiun Solo balapan, stasiun besar kota solo setelah stasiun jebres.  akhirnya kami dapat tempat duduk... syukur deh^^. setelah berjalan sekitar satu jam akhirnya kami tiba di stasiun Tugu.. wow.. senangnya.

awal perjalanan qt pun dimulai.. kami menyusuri jalan malyoboro yogjakarta yang dipenuhi oleh para pedagang dan pelancong, tapi karena saat itu masih pagi, sekitar jam 09.00, para pejalan kaki masih belum banyak. setelah berjalan cukup jauh dari stasiun tugu, rasa lapar mulai merasuki tubuhku.. dan pas pada saat itu kami bertemu dengan penjual pecel di dekat moll malyoboro. waoo kebeneran ni. akhirnya kami berdua pesan 2 buah nasi pecel plus tempe bacem dan enggak ketinggalan 2 buah teh anget. bener2 jawa banget kan.. hehheh... saat sarapan kami berbincag2 dengan penjual pecel, katanya sekaten akan dimulai jam 10 an.. nanti.  berarti masih ada satu jam sebelum sekaten dimulai. stelah selesai sarapan plus foto2 tentunya, kita berdua melanjutkan perjalanan menuju benteng vandenburg. benteng yang berada tepat disamping pasar beringharjo yang terkenal itu ^^.. disana kita berdua memulai hunting foto.. jepret sana, jepret sini sok-sok'an kayak artis begono deh.. ^^.

30 menit kemudian kita melanjutkan perjalanan menuju keraton. sesampainya disana ternyata alun-alun sudah dipenuhi oleh ratusan orang yang ingin menyaksikan ritual sekaten yang disakralkan itu. banyak fotografer amatir ( kayak aku ni ) sampek yang handal mulai menyiapkan amunsinya. semuanya kelihatan sangat awsome bagiku. tak ketinggalan para bule mulai bersseliweran, maklum lah jogjakarta kan salah satu tujuan wisata internasional.

suasana panas dan berdebu tak menghalangi niat kita untuk menyaksikan acara ini, begitu juga dengan para warga jogjakarta yang sudah rela berpanas-panasan sejak 1 jam yang lalu. kakek-kakek, nenek-nenek. bahkan sampai anak-anak turut campur di alun-alun kota untuk menyaksikan acara sakral itu. bener-bener kereeennn.. ( lebay mode : On ). setelah lama menunggu akhirnya acara pun dimulai, dibuka dengan masukknya kuda dengan dikawal oleh 2 prajurit yang memakai baju hijau aku mulai berdesakan mencari tempat terdepan biar bisa mengambil gambar terbaik. gag perdulu panas dan debu tentunya. setelah bersusahpayah selama 15 menit, berdesak2an dengan ibuk2, bapak2 akhirnya aku berada pada barisan terdepan, disampingku adalah para fotografer yang siap membidikkan lensa kamera yang mereka pegang. aku gag mau kalah aku pun menyiapkan kamera digitak sony kecilku yang siap menjepret.

akhiranya yang ditunggu2 pun tiba, gunungan pertama lewat didepanku. dengan dipanggul oleh sekitar 8 orang prajurit, gunungan itu sangat tinggi menjulang. berisi kacang panjang, jagung dan cabai, gunungan itu siap untuk diperebutkan oleh ratusan warga jogja yang sudah gag sabar menanti. gunungan ke-2, ke -3 hingga gunungan ke tujuh selesai diarak. dengan berakhirnya gunungan ke tujuh selesai sudah acara sekaten tahun ini. para prajurit beserta para kuda kembali ke keraton. aku bersyukur aku berhasil mengabadikan momen langka itu dalam kamera kecilku ini.

tepat pukul 11.30 gunungan terakhir selesai diarak. karena sudah memasuki waktu dhuhur kami pergi menuju masjid agung jogja untuk sholat. tak disangka sesampainya disana, masih banyak para warga yang mengais2 sisa - sisa gunungan yang ada di halaman masjid. memang disanalah gunungan ke-2 di bagikan. selesai sholat kami mengalami insiden kecil, insiden yang mungkin juga terjadi di semua tempat ibadah di Indonesia. yaitu kecurian sendal, yupp sandal arinda hilang. aku terpaksa membelikan sandal jepit di jalan deket masjid agung.. hehehe.. meski agak ndeso, ternyata sandal jepit cukup unik untuk dipakai jalan kaki.. wkwkkw... maklum kami disana kan selalu jalan kaki.. ^^ itung2 menguruskan badan.. padahal aslinya pengen hemat.

kami melanjutkan perjalanan kami lagi. perjalanan kami selanjutnya adalah membeli oleh2.. dan tempat yang kami tuju adalah pasar beringharjo.. setelah melihat2 rok2 batik akhirnya aku jatuh hati dengan rok batik warna pink dengan harga cukup murah. emmm...lumayan lah..  lumayan cantik. setelah puas melihat2 baju2 batik kami pun memutuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan kami. menyusuri jalanan malyoboro ternyata sangat mengasyikkan. dikanan kiri banyak sekali pedagang sovenir2 antik khas jogjakarta. kami pun mulai tergoda untuk membeli. 2 buah kaos dagadu, 3 pasang sepatu, 2 buah sabuk sedah kembali memasuki keranjang belanjaan kami. hehehe.. dasar wanita. selesai berbelanja.. kami membeli soto ayam di dekat kantor gubernur jogja. tidak lupa juga jepret2 dijalannanan tentunya..^^.

karena jam sudah menunjukkan pukul 3 sore sedangkan kereta yang harus kami tumpangi untuk pulang jam 4 sore nanti. akhirnya kita memutuskan untuk segera menuju stasiun tugu. sesampainya distasiun kami langsung menuju loket penjualan tiket dan pergi ke mushola untuk sholat asyar. selesai sholat. hujan turun sangat lebat, bahkan disertai angin. untuk kami tadi segera kembali ke stasiun, kalau enggak pasti keujanan dijalan.^^.

setelah satu jam menunggu kereta madiun jaya yang akan kami tumpangipun tiba. hujan sudah mulai reda.. kami bersiap untuuk pulang. hemm berkhir sudah liburan menyenangkan kami di jogjakarta.meski cuman sehari semuanya sangat berkesan.