Kerusuhan Terburuk yang Pernah Ada di Dunia



Kerusuhan Terburuk yang Pernah Ada di Dunia - kerusuhan tentunya akan membawa kepada kesengsaraan. kerusuhan merupakan sebuah reaksi dari perbedaan pendapat ataupun reaksi terhadap keluhan yang dirasakan tanpa adanya solusi. kerusuhan umumnya menyasar pada pembunuhan, perusakan fasilitas umum, memperkosa dan menjarah semua harta benda milik orang lain. sementara itu, kerusuhan dipandang merupakan sebuah cara yang ampuh untuk membawa perubahan. 

berikut beberapa kerusuhan terburuk sepanjang masa, yang terjadi di berbagai belahan dunia. silahkan isi komentar anda pada kolom yang disediakan.

1. KERUSUHAN BOMBAY - INDIA


Pada tahun 1992, kerusuhan yang sangat buruk melanda kota di india yaitu bombay. kerusuhan bermula dari ketegangan komunal yang terjadi setelah dihancurkannya masjid Babri pada 6 desember. Banyak orang percaya, kerusuhan itu terjadi dalam 2 tahap. tahap pertama melibatkan kaum muslim yang membalas kaum hindu karena telah merusak masjid babri, dan yang ke dua  adalah reaksi hindu terhadap kaum muslim tersebut. sekitar 900 orang tewas dalam kerusuhan tersebut. dalam kerusuhan itu terjadi pembakaran dan juga penjarahan.

2. KERUSUHAN RAS TULSA - AMERIKA

Pada tahun 1921, Amerika mengalami kerusuhan terburuk dalam sejarah. ketika operator lift wanita berkulit putih menyatakan bahwa seorang kulit hitam telah menyerangnya secarra seksual di dalam lift, dan kekerasan pun pecah. perburuan pun dimualai untuk mencari pria yang melarikan diri tersebut. Kerusuhan itu menjadi begitu buruk untuk sisi berlawanan dari kulit hitam dan putih, banyak di antaranya veteran Perang Dunia I, mulai membentuk garis pertempuran dan menggali parit, melancarkan perang darurat terhadap satu sama lain. Secara keseluruhan, 35 blok kota hancur oleh api, meninggalkan 10.000 tunawisma dan biaya perkiraan sebesar $ 1,8 juta (berjumlah $ 21.000.000 untuk jaman sekarang )

3. KERUSUHAN GUJARAT - INDIA 


Satu lagi kerusuhan yang diakibatkan oleh perbedaan agama, dan kali ini terjadi lagi di india yaitu tepatnya di kota gujarat. kerusuhan bermula ketika kaum muslim membakar kereta api yang mengakibatkan umat hindu tidak bisa melakukan ziarah. anak-anak dan para wanita tewas. kejadian tersebut menyulut balasan dari umat hindu dan terjadilah pembantaian masal. setidaknya 750 umat islam tewas dan 250 umat hindu tewas , 223 orang dilaporkan hilang, 523 tempat ibadah rusak, 61.000 umat muslim dan 10.000 umat hindu meninggalkan rumah mereka. itulah kerusuhan komunal terparah di india.


4. KERUSUHAN NAIROBI - KENYA

Kerusuhan yang terjadi di kenya pada desember 2007 merupakan sebuah akibat dari terpilihnya kembali mwai kibaki merupakan sebuah tipuan. dan beberapa kerusuhan paling kejam dalam sejarah pun terjadi. Dari Nairobi ke Coast, ratusan tewas dan bangunan dibakar oleh para perusuh menghunus parang. Club-membawa petugas polisi mencoba untuk memulihkan ketertiban dengan menembakkan gas air mata dan peluru ke kerumunan besar. Massa bergerak di desa-desa, membakar gedung-gedung, memperkosa dan membunuh. Pada Januari 28, korban tewas dari kekerasan itu sekitar 800. Hingga 600.000 orang telah mengungsi.

5.   KERUSUHAN DETROIT - AMERIKA SERIKAT

Kerusuhan Detroit tahun 1967 dimulai ketika petugas wakil tim polisi mengeksekusi sebuah klub minum atau "babi buta" di lingkungan yang didominasi orang kulit hitam, terletak di Twelfth Street dan Clairmount Avenue. Mereka menemukan 82 orang di dalam mengadakan pesta untuk dua veteran Vietnam yang kembali. Polisi menangkap semua orang, dan ini mengakibatkan kerusuhan meluas. Kerusuhan dimulai di bagian timur laut dan menyebar ke timur selama lima hari. Penjarahan meluas, kebakaran dan pembunuhan terjadi, dan situasi menjadi sangat buruk bahwa Garda Nasional dan pembagian udara ke-82 dikerahkan untuk memadamkan kekerasan. Ketika berakhir, 43 orang tewas, 1.189 terluka dan lebih dari 7.000 orang ditangkap. 

6. KERUSUHAN INGGRIS

Setelah pawai damai pada tanggal 6 Agustus 2011, dalam kaitannya dengan respon polisi untuk penembakan fatal Mark Duggan oleh senjata api petugas Kepolisian di 4 Agustus 2011, kerusuhan bermula di Tottenham, London Utara. Pada hari-hari berikutnya, kerusuhan menyebar ke London borough beberapa kabupaten dan akhirnya ke beberapa daerah lain dari Inggris, dengan gangguan yang paling parah terjadi di luar London di Birmingham, Bristol dan Manchester serta beberapa kota lainnya di Midlands dan North West of England . Wabah terkait juga terjadi di banyak kota-kota kecil dan kota-kota. Ada penjarahan luas. Lima orang tewas dan sedikitnya 16 lainnya luka-luka sebagai akibat langsung dari tindak kekerasan terkait. Sebuah senilai £ 200 juta dari kerusakan properti tersebut terjadi.


1 comment:

SEJARAH ASIAN GAMES

INFORMASI TERBARU - Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Jakarta dan Palembang adalah dua kota penyelenggara acara akba...