Melirik Masakan Korea Dari Dekat



masakan korea adalah makanan yang didasarkan pada teknik dan cara masak orang korea. masakan korea sebagian besar berbahan dasar beras, mie, tahu, sayur dan daging. makanan tradisional korea terkenal akan sebagian besar makanan sampingan (lauk) yang disebut banchan yang dimakan bersama nasi putih dan juga sup (kaldu), setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.

makanan korea biasanya dibumbui dengan minyak wijen, doenjang, kecap, bawang puting, jahe dan saus cabai (gochujang). masyarakat korea adalah pengkonsumsi bawang putih terbesar didunia atas negara cina thailand dan jepang.

JENIS-JENIS MAKANAN KOREA.
masakan korea bisa dibagi kedalam berbagai jenis diantaranya :
  • masakan daging
biasanya di korea, terutama restoran tradisionalnya. daging dipanggang di tengah-tengah meja menggunakan arang, dikelilingi dengan variasi banchan.daging dipotong kecil-kecil dan dibungkus dengan daun sayuran bersama dengan nasi, potongan bawang putih. 

bulgogi : potongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai, dan lada hitam. variasi lainnya adalah daging babi (dwaji-bulgogi), ayam (dek-bulgogi), dan sotong (ojingeo-bulgogi).
makanan olehan daging lainnya adalah samgyeopsal yaitu olahan daging perut babi yang dipanggang, galbi yaitu daging iga babi atau sapi yang dipanggang, Hoe yaitu makanan laut mentah yang dicelup kedalam saus cabai, dan sannakji atau gurita hidup dan dimakan diatas meja.
  • masakan kerajaan
bagi teman-teman yang sudah menonton drama seri daejanggem yang bercerita tentang seorang dayang istana, mungkin sudah bisa membawangkan seperti apa itu masakan kerajaan korea. karena mahalnya masakan istana/ masakan kerajaan oleh karenanya masakan kerajaan di korea sendiri cuma bisa di temukan di kota seoul. 
berikut adalah berbagai masakan kerajaan :

Goldongban : nasi yang dicampur sayuran kukus, daging sapi panggang dan telur dadar.
atau biasanya disebut bibimbab istana

Namul : Jenis sayuran kukus yang dibumbui dengan cabai , bawang putih, bawang bombai,
dan minyak wijen. sayuran yang biasanya digunakan adalah bayam, lobak, tanaman pakis, kecambah,
bunga lonceng, dan juga rebung.

Gui : daging yang dipanggang dan  dibumbui. bahan-bahan yang digunakan  adalah
gangggang, daging sapi, akar tanaman deodoak, ikan, jamur, dan sayuran.

Hoe : daging mentah yang dibumbui.
  • sup dan makanan berkuah
banyak jenis makanan berkuah yang ada di korea, diantaranya :

Samgyetang : atau yang biasa dikenal dengan sup ayam ginseng. sup ini berisi ayam muda yang masih utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam. biasanya dibumbui dengan merica, garam dan kimchi.

Sundubujjigae : adalah jenis masakan korea yang terdiri atas rebusan tahu sutera (jjigae), kerang, jamur dan udang yang dikeringkan. yang dibumbui dengan kecap asin dan garam. biasanya juga ditambah dengan kimchi.

Jeongol :  Makanan ini biasanya berisi irisan daging sapi, jeroan, berbagai makanan laut, dan ditambah dengan berbagai sayuran, jamur, dan bumbu lainnya. Semua bahan direbus bersama di di dalam panci besar. makanan ini umumnya pedas karena dibumbui dengangochujang dan cabai.

kimchi jjigae : adalah makanan korea berupa sup pedas yang direbus di dalam panci bersama kimchi dan air cabai dari kimchi. sup ini berisi sayuran ( sawi putih dan daun bawang ), tahu dan makanan laut atau daging babi.

  • nasi campur
Bibimbab : Nasi campur khas orang korea
  • Olahan Mie
Jajangmyeon : Mie saus kacang yang sangat digemari di korea

Japcahe : tumisan dangmyeon (bihun) yang terbuat dari kentang yang dicampur dengan sayuran
daging sapi dan bumbu rempah-rempah.

Naengmyeon : makanan khas pyongyang korea utara. dengan mie yang terbuat dari tepung gandum.
biasanya dikonsumsi saat musim panas.

Ramyeon : atau yang dikenal dengan ramen adalah mie yang dijual dalam kemasan. biasanya disajikan dengan bumbu super pedas dan ditambah berbagai jenis sayuran sesuai selera dan juga kimchi.

Nah, semuanya adalah makanan khas korea yang bisa membuat lidah anda menetes tanpa sadar.. hehhe.. 
sekarang makanan korea juga sudah banyak tersedia di restoran- restoran di indonesia lo... jadi tunggu apa lagi??? silahkan mencobanya.

semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment

SEJARAH ASIAN GAMES

INFORMASI TERBARU - Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Jakarta dan Palembang adalah dua kota penyelenggara acara akba...