wisata kuliner di Surabaya yuuukkk..

Hai temen-temen yang suka makan, jika kalian sedang berada atau mungkin kepingin tau makanan apa ja seh yang ada di surabaya?? kalian bisa liat disini. disini saya akan kasih info makanan khas surabaya, tempat makan yang asyik serta resepnya kalau perlu...


1.SEMANGGI
yang pertama adalah SEMANGGI... kalian tau apa itu?? hehhe semanggi adalah nama makanan khas surabaya yang terdiri dari daun semanggi dan rebusan kecambah, yang disajikan dengan campuran PETIS, hemmm bayangin aja rasanya pasti enak banget...=)) tentu saja bagi pencinta petis. rasanya sangat khas, biasanya juga dilengkapi dengan kacang tanah, gula merah dan kerupuk.
semanggi merupakan makanan tradisional yang dibuat oleh ibuk2 yang biasanya jualan dijalanan.. hehhe bahkan ada yang masih menggunakan jarik lo... 



2. RUJAK CINGUR
Rujak cingur adalah makan khas daerah surabaya. Rujak cingur biasanya terdiri dari berbagai jenis buah-buahan seperti ketimun, bengkoang, mangga, nanas, kedondong, ditambah lontong, tahu dan juga tempe, selain itu juga dilengkapi dengan sayuran seperti tauge, kangking, dan kacang panjang dan tidak lupa cingur. Bahan tadi dicampur dengan bumbu yang terbuat dari petis udang, gula merah, cabai, kacang tanah, bawang goreng dan garam. Semua bumbu dicampur dan diuleg. Itulah sebabnya rujak cingur juga disebut rujak uleg.

berikut ini beberapa tempat penyedia rujak cingur :
1. Rujak Cingur Achmad Jais, Jl Achmad Jais
2. Rujak Cingur Pores Embong Sawo, Jl Embong Sawo

3. Rujak Cingur Delta Plasa Surabaya, Jl. Pemuda
4. Rujak Cingur Peneleh, Jl Peneleh

5. Pujasera Galaxy Mall, Jl Kertajaya Indah Timur


3. LONTONG BALAP

Banyak yang bilang  jika lontong balap merupakan makanan khas surabaya selain semanggi suroboyo, dan  juga rujak cingur. Lontong balap, sesuai dengan namanya merupakan makanan yang terbuat dari lontong dengan campuran  tahu goreng, tauge, dan juga lentho. Lentho dibuat dengan kacang yang dicampur dengan tepung, kencur, daun bawang , jeruk purut, dan garam.

Bagi sebagaian orang, makan lento tidak akan nikmat jika tidak menggunakan sate kerang. Pertanyaannya mengapa disebut lontong balap?? Konon, nama  ini muncul dari gaya pedagang lontong dimasa lalu. Semua pedagang menggunakan tongkat bambu besar yang menampung dua tanah liat panci penggorengan, karena ukurannya yang besar dan berat di panggul, para pedagang harus mempercepat perjalanan mereka. Sejak itulah nama lontong balap itu muncul. Jadi dimana kita bisa menikmati lontong balap? 


Berikut adalah daftar:
1. Lontong Balap in front of Grahadi, Jl Gubernur Suryo (near kantor pos)
2. Lontong Balap Rajawali, Jl Rajawali (opposite of Bank Eksekutif) 

3. Lontong Balap Garuda, Jl Kranggan
4. Lontong Balap RIA, Jl Kombes Duryat

5. Warung Lontong Balap, Jl Kepanjen (in front of SMPN 2 Surabaya)
6. Lontong Balap Kertajaya, Jl Raya Gubeng Kertajaya XV
7. Lontong Balap Raya Gubeng, Jl Raya Gubeng (beside BNI)


4. RAWON 
rawon adalah makanan khas dari jawa timur khususnya surabaya. rawon merupakan makanan yang berbahan daging sapi dengan tambahan bumbu khusus yaitu kluwek, yang membuat makanan ini berwarna hitam. banyak restoran atau tempat makan yang menyediakan menu ini, namun ada satu tempat disurabaya yang terkenal akan rawonnya. yaitu rawon setan, kenapa diberi nama seperti itu? karena tempat makan ini baru buka ketika tengah malam, saat setan mulai muncul hehhehe ada2 aja ya?? =)
selain itu ada satu tempat lagi yaitu rawon kalkulator. kenapa diberi nama seperti itu? alasannya adalah karena proses perhitungan total makanan yang kalian pesan sangat cepat, atau bahkan lebih cepat dari pada memakai kalkulator. jika kalian tertarik kalian bisa menemukan rawon setan di Jalan Embong malang, dan rawon kalkulator bisa kalian temukan di taman Bungkul, jalan Darmo.


5. TAHU CAMPUR
Tahu campur adalah makanan seperti sup daging sapi tapi diberi bumbu petis. Bahan yang lain adalah tahu, kroket singkong, tauge panjang, salad hijau, dan disajikan dengan kerupuk udang. Jika kalian ingin makan tahu campur, anda bisa pergi ke Jl kalasan, pacar keling. Disana sungguh enak, irisan dagingnya besar dan tidak terlalu mahal. 

2 comments:

  1. bagus bgt mo... gitu donk... ngasi info2 yg bagus2... tp km kudu mau smuanya... hehehhe...

    ReplyDelete
  2. yeeee.. emang harus mau semua?? selera kan relatif :P

    ReplyDelete

SEJARAH ASIAN GAMES

INFORMASI TERBARU - Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Jakarta dan Palembang adalah dua kota penyelenggara acara akba...